• Telp          0777-327808
  • Fax           0777-327818 / 325712
  • Web         https://rsud.karimunkab.go.id
  • Email       karimunhospital@yahoo.com

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MUHAMMAD SANI

PEMERINTAH KABUPATEN KARIMUN

Jalan Soekarno-Hatta No. 1, Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MUHAMMAD SANI

PEMERINTAH KABUPATEN KARIMUN

  • Telp          0777-327808
  • Fax           0777-327818/325712
  • Web         https://rsud.karimunkab.go.id
  • Email       karimunhospital@yahoo.com

LAPORAN SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MUHAMMAD SANI KABUPATEN KARIMUN

 

PENDAHULUAN

 

Survey Kepuasan masyarakat merupakan salah satu alat yang bisa digunakan oleh Unit Pelayanan Publik untuk mengevaluasi kinerja pelayanan yang dilaksanakan oleh unituk mengevaluasi kinerja pelayanan yang dilaksanakan oleh unit tersebut. Kepuasan Masyarakat adalah tujuan utama yang harus dijadikan target oleh Unit Pelayanan Publik. Dengan mengadakan Survey Kepuasan Masyarakat, Unit Pelayanan dapat dengan mudah mengetahui dengan pasti mana saja yang masih perlu diperbaiki.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan menuju pelayanan cepat, tepat, ramah dan senyum, RSUD MUHAMMAD SANI Kab. Karimun melakukan survei untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

 

TUJUAN

Mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan RSUD M SANI kepada pelanggannya.

 

SASARAN

1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan.

2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

 

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup Survei  Kepuasan Masyarakat adalah di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah M SANI Kabupaten Karimun yang meliputi :

1. Persyaratan

Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan tejknos maupun administratif.

2. Prosedur

Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.

3. Waktu Pelayanan

Waktu pelayanan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.

4. Biaya / Tarif

Biaya / Tarif adalah ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan / atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besrnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.

5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan adalah hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari spesifikasi jenis pelayanan.

6. Kompetensi Pelaksana

Kompetensi Pelaksana adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan pengalaman.

7. Perilaku Pelaksana

Perilaku Pelaksana adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan.

8. Maklumat Pelayanan

Maklumat Pelayanan adalah merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban pnyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.

9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.

 

MANFAAT

1. Mengetahui kelemahan atau kekuatan dari  pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah M SANI Kabupaten Karimun.

2. Mengukur secara berkala penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Sani

3. Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan langkah perbaikan pelayanan.

4. Sebagai umpan balik dalam memperbaiki layanan. Masyarakat terlibat secara aktif mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Sani.

 

BENTUK JAWABAN

Bentuk jawaban dari setiap unsur pelayanan secara umum mencerminkan tingkat kualitas pelayanan secara umum mencerminkan tingkat kualitas pelayanan, yaitu dari yang sangat baik sampai dengan tidak baik.

 

 

JUMLAH RESPONDEN

Responden dipilih secara acak dan untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indkes, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima layanan.

 

PELAKSANAAN

Survei IKM dilakukan pada tanggal 01 s/d 31 Juni 2018 pada unit pelayanan yang ada di RSUD M SANI Kab. Karimun oleh Pusat Layanan Informasi dan Promosi

 

 

 

 

HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT :

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah ditetapkan tentang Nilai Persepsi, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan sebagai berikut :

 

 

 

Dari survei yang dilakukan pada unit-unit pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Karimun didapat hasil sebagai berikut (Tabel penghitungan terlampir):

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENUTUP

Selanjutnya kami menerima saran dan kritik yang membangun demi tercapainya kepuasan pelanggan yang setinggi-tingginya terhadap kinerja RSUD M SANI Kab. Karimun dari para pemangku kepentingan. Demikian laporan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

 

Tanjung Balai Karimun, 23 Juli 2018

 DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

KABUPATEN KARIMUN

 

 

 

 

dr.  ZULHADI, M. PH

NIP. 19760101 200502 1 005